Metlit

In: Business and Management

Submitted By antonsemut
Words 508
Pages 3
TUGAS MATA KULIAH : METODE PENELITIAN BISNIS
NAMA : Antonius
NPM : 120820110526
KONSENTRASI : Perbankan
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS PADJADJARAN
2013

PENELITIAN

Bank merupakan sebuah lembaga intermediasi yang diberikan izin oleh otoritas perbankan untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya dalam bentuk pembiayaan serta memberikan jasa layanan transaksional. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk melindungi nasabah dan perekonomian dari kegagalan proses dan prosedur yang dilaksanakan oleh bank yang kemudian menyebabkan kerugian atau negative impact. Bank diwajibkan memiliki modal yang cukup untuk mengantisipasi risiko yang dihadapi atau dengan kata lain tercukupinya modal minimal dalam menghadapi potensi kerugian yang mungkin muncul.
Risiko didefinisikan sebagai peluang terjadinya hasil (outcome) yang tidak diinginkan, yang dapat menimbulkan kerugian bank. Bank wajib menerapkan manajemen risiko, yang berupa serangkaian prosedur dan metodologi yang digunakan untuk mengindentifikasi, mengukur, memantau, dan mengendalikan risiko yang dapat timbul dari kegiatan usaha bank.
Risiko dalam dunia perbankan cukup banyak terutama karena adanya ketidakpastian, salah satunya adalah risiko operasional. Risiko operasional adalah risiko kerugian yang diakibatkan oleh kegagalan atau tidak memadainya proses internal manusia dan sistem, atau sebagai akibat dari kejadian eksternal dan hukum.
Bank Daerah yang notabene merupakan lembaga keuangan yang dominasi modalnya berasal dari pemerintah daerah dan memiliki kecukupan modal yang mencukupi. Namun demikian dengan modal yang memadai sangat besar kemungkinan, banyak faktor-faktor yang mempengaruhi makin besarnya risiko operasional yang mungkin terjadi.
Pengenalan persyaratan modal untuk risiko operasional dapat memberikan pengaruh yang berbeda pada jumlah modal regulasi yang harus…...

Similar Documents

Along with the Gods: T... | Color (MIMORI Ao) | 惊魂半小时